Buggy Badut

Buggy Badut (道化のバギー Dōke no Bagī) adalah nama seorang tokoh fiksi dari serial manga dan anime One Piece. Buggy, kapten dari Komplotan Bajak Laut Buggy, memiliki kemampuan untuk memecah belah tubuhnya tanpa mengeluarkan darah dan menggunakan bagian-bagian tubuhnya untuk menyerang dari berbagai arah. Dalam polling karakter terfavorit One Piece, Buggy menempati rangking ke-30.

Watak dan hubungan dengan tokoh lain

Buggy seringkali terlihat berpura-pura pintar, walaupun pada akhirnya sikapnya itu malah semakin membuatnya terlihat bodoh. Ia sering membuat keputusan-keputusan yang salah dan mencelakai dirinya sendiri — biasanya hal tersebut terjadi karena kepercayaan dirinya yang berlebihan.

Dia memiliki bentuk hidung yang aneh, besar, dan berwarna merah. Dia akan marah jika ada orang yang menghina bentuk hidungnya; pernah dalam suatu cerita, dia dan kelompoknya menghancurkan sebuah kota hanya karena dua orang anak kecil dari kota tersebut meledek hidungnya.

Dia memiliki sifat dan kebiasaan yang aneh; salah satu di antaranya adalah kebiasaan Buggy yang tidak memperhatikan siapa lawan bicaranya; sebagai contoh, ketika Ace muncul di atas kapalnya, Buggy sempat berbincang dengan akrab. Tapi beberapa saat kemudian, ketika Buggy menyadari bahwa ia tidak mengenal Portgas D. Ace, lawan bicaranya, ia berteriak marah: “Siapa kamu!?”. Ia juga memiliki semacam keberuntungan yang membuatnya dapat bertahan ketika ia sedang menghadapi bahaya (termasuk ketika ia tersambar petir di Loguetown).

Buggy adalah satu dari sedikit tokoh antagonis yang “berubah” setelah ia menghadapi Luffy. Sebelum kekalahannya, ia tega mengorbankan anak buahnya untuk melindunginya, tetapi setelah bertemu Luffy, ia menjadi lembut dan memperhatikan keselamatan anak buahnya. Ia pun mulai mau menerima kebaikan dari orang lain. Meskipun begitu, ia tetap bersikap kejam pada orang selain anak buahnya. Ia —seperti Shanks, musuh bebuyutannya— sangat mencintai pesta pora dan berteman dengan sesama pecinta pesta; kecuali Shanks tentunya.

Bajak laut yang paling ditakuti Buggy adalah Whitebeard. Dia bahkan memerintahkan krunya untuk tidak menyerang Ace ketika ia tahu bahwa Ace adalah anak buah Whitebeard.

Cita-citanya adalah membalas dendamnya kepada Luffy, karena telah mengalahkannya, dan Shanks karena telah menghancurkan mimpinya ketika kecil.

Cerita

Dendam pribadi

Buggy menyimpan rasa dendam kepada Shanks si rambut merah yang dianggapnya bertanggung jawab atas kesialan yang menimpa dirinya ketika kecil. Dahulu ketika masih muda, mereka adalah awak kapal bajak laut di bawah pimpinan Gold Roger, seorang bajak laut yang namanya kini melegenda. Keduanya sering bertengkar dan perang mulut; meributkan hal-hal yang sepele (dalam serial anime dan manga, digambarkan dalam cerita kilas balik, keduanya sedang meributkan mana yang lebih dingin antara kutub selatan dengan kutub utara).

Suatu ketika, kelompok bajak laut Gold Roger berhasil mengalahkan musuh dan menjarah kapalnya, dalam penjarahan itu, Buggy menemukan sebuah peta harta karun yang menunjukan sebuah titik di dasar laut; di tempat lain di kapal yang sama, kru lain menemukan Buah Iblis: Bara Bara no Mi (バラバラの実). Setelah mengetahui bahwa buah itu amat langka dan berharga, Buggy menukarnya dengan buah tiruan, dan kemudian memakan buah tiruan itu di hadapan kru lain sementara ia menyimpan buah yang asli. Buggy —membayangkan kekayaan yang akan ia dapatkan setelah menjual buah dan mendapatkan harta karun— memandangi kedua harta tersebut. Tapi malang, tak lama kemudian Shanks datang dan mengaggetkannya sehingga —secara refleks— ia memasukan Buah Iblis ke dalam mulutnya; untuk menyembunyikannya. Sebelum sempat mengeluarkan buah itu dari mulutnya, Shanks datang kembali dan mengaggetkan untuk kedua kalinya sehingga —tanpa sengaja— ia menelan Buah Iblis tersebut. Secara otomatis, sebagai efek dari Buah Iblis, Buggy tidak dapat berenang seumur hidupnya; ia telah kehilangan buah yang sangat berharga dan kehilangan kesempatan untuk mengambil harta yang terkubur di dasar lautan —karena ia tidak dapat berenang.[1]

Setelah eksekusi Gold Roger, kapten mereka, dilaksanakan, Shanks menawarkan Buggy untuk bergabung dengan kelompoknya, tapi Buggy menolak; dan sejak itu,mereka tak pernah berjumpa lagi.[2]

Terror di Port Town

Saat muncul pertama kali, Buggy diceritakan sedang menyerang sebuah kota bernama “Port Town”, menghancurkan gedung-gedung dengan meriam (termasuk dengan serangan spesialnya, “Peluru Meriam Spesial Buggy”, yang mampu menghancurkan satu blok bangunan). Setelah dikalahkan Luffy, Buggy —yang tidak lagi memiliki dada, lengan, paha, dan perut— berusaha mencari bagian tubuhnya yang hilang. Dia berpetualang dalam jangka waktu yang sangat panjang; ia pernah bertemu dengan Gaimon, seorang pria cebol penjaga pulau; pernah juga ia diserang seekor kepiting raksasa sebelum akhirnya ia diselamatkan oleh Alvida, musuh lama Luffy. Keduanya kemudian bersatu untuk memburu Luffy.

Pembalasan dendam

Setelah Buggy berhasil mendapatkan seluruh bagian tubuhnya, Buggy mengumpulkan kembali anak buahnya dan bertekad untuk memburu Luffy.

Pertarungan keduanya dengan Luffy terjadi di Loguetown, di mana kelompok Buggy berusaha mengeksekusi Monkey D. Luffy. Namun sial, rencana Buggy dan Alvida gagal akibat kedatangan angkatan laut dan cuaca yang kurang mendukung.

Saat ini Buggy sedang berlayar menuju Grand Line dengan Alvida dan krunya setelah bertemu dengan Portgas D. Ace yang menjanjikan pertemuan dengan Luffy. Buggy, pada masa mudanya, juga pernah bertemu dengan Edward Newgate (Shirohige); Newgate mengingat Buggy karena hidungnya yang aneh dan karena Buggy pernah berteman dengan Shanks; Buggy sangat menyegani Newgate, inilah alasan mengapa ia bersikap baik kepada Ace (Ace adalah kru Newgate). [3]

Kemampuan

Buggy —yang secara tidak sengaja mengkonsumsi Buah Iblis Bara Bara no Mi— mampu memisahkan bagian-bagian tubuhnya dan mengonytol mereka, tapi sebagai efek sampingnya, ia kehilangan kemampuan berenang. Kekuatan yang diberikan oleh Buah Iblis juga membuatnya kebal terhadap pisau dan pedang. Sebagai tambahan, seluruh bagian tubuhnya —kecuali kaki— dapat melayang dan menyerang orang dengan cepat. Meskipun Buggy dapat memisahkan organ tubuhnya, ia tetap dapat merasakan rangsangan apapun yang diterima oleh bagian tubuh tersebut (sebagai contoh, Buggy merasa geli ketika kakinya, yang sedang terpisah dengan tubuhnya, dikelitiki. Ia pun dapat merasa kesakitan bila selangkangannya ditendang meskipun bagian tersebut terpisah dengan kepalanya. Kelemahan lainnya adalah ia tidak dapat mengontrol bagian tubuhnya jika bagian itu tidak terlihat oleh mata di kepalanya.

Trivia

  • Nama Asli Buggy adalah “Boogie”.
  • Dalam salah satu kolom SBS (“Silakan Bertanya Sepuasnya”), seorang pembaca menanyakan apakah kemaluan Buggy dapat terpisah dari tubuhnya. Oda menjawab ‘ya’ sebagaimana bagian tubuh lain dapat terbang dan terpisah.[4]
  • Dalam sebuah wawancara, Oda menyatakan bahwa Buggy adalah salah satu penjahat favoritnya.
  • Dalam manganya, mulut Buggy tak pernah digambarkan tertutup (bungka,) karena ia selalu berbicara, teriak, atau tertawa. Oda menggambarnya dengan mulut tertutup setelah diminta oleh seorang kontributor SBS.

http://id.wikipedia.org/wiki/Buggy_Badut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s